Tips untuk Merawat Website agar Tetap Lancar dan Aman

TIps untuk Merawat Website – Tak jarang client dari Indonesian Blogger yang baru pertama kali memiliki website kurang aware dengan perawatan website mereka.

Padahal perawatan website itu sangat penting dan wajib untuk dilakukan oleh setiap pemilik website. Perawatan dimaksudkan untuk menjaga website tetap berjalan dengan baik dan juga aman.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk merawat website Anda sendiri, Anda bisa menggunakan jasa maintenance dari Indonesian Blogger. Anda hanya perlu menghubungi kami langsung.

Baca juga: Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Website untuk Berkembang?

Bagi Anda yang ingin merawat website sendiri, berikut ini beberapa tips cara memelihara website agar tetap berfunsi dengan baik.

Tips Untuk Merawat Website

tips untuk merawat website

Lakukan Update yang Tersedia

Ketika Anda melihat notifikasi untuk melakukan update pada website Anda, baik itu theme, plugin, ataupun core WordPress, maka segera lakukan update.

Jika tidak segera diupdate, Anda tidak akan mendapatkan fitur terbaru dari plugin, theme, ataupun fitur terbaru dari WordPress.

Selain itu, plugin, theme, atau core WordPress yang tidak diupdate bisa menjadi celah keamanan website Anda. Akibatnya website bisa saja mendapatkan seragan malware dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Lakukan Scan Virus Melalui cPanel

Saat ini rata-rata penyedia hosting sudah menyediakan fitur atau alat untuk memindai virus. Anda bisa menggunakan alat ini untuk check apakah ada virus di website Anda atau tidak.

Untuk melakukan check, Anda bisa masuk ke cPanel, pilih scan virus, dan tunggu sampai proses check selesai. Jika ada file yang terinfeksi virus sebaiknya segera di hapus.

Jangan Menggunakan Theme/Plugin Nulled

Nulled merupakan file plugin atau theme berbayar yang dibajak dan ditambahkan script khusus agar dapat digunakan secara gratis atau dibagikan secara masal ke internet.

File nulled sangat berbahaya bagi website karena filenya sudah dirubah dan ditambahkan script yang berbahaya oleh si pembajak.

Jika Anda masih menggunakan nulled, bukan kemungkinan website Anda akan diretas atau website Anda disusupi virus, iklan, dan semacamnya.

Jangan Membagikan Konten Melanggar Hukum

Sangat tidak disarankan untuk pengelola website membagikan hal-hal yang melanggar hukum seperti, film biru, aplikasi/software bajakan, dan konten melanggar hukum lainnya.

Database Anda bisa disuspend bahkan dihapus oleh pihak penyedia hosting karena telah melanggar Term of Service mereka. Jika terkena suspend atau penghapusan, semua data website Anda tidak dapat dipulihkan.

Rutin Update Artikel Baru

Website Anda akan sulit berkembang jika tidak dilakukan update dari segi kontennya. Sebaiknya Anda menambahkan artikel terbaru minimal satu minggu sekali.

Dengan begitu, website Anda akan bisa ditemukan di google dengan kata kunci yang Anda targetkan. Selain itu, website Anda akan terlihat up to date.

Penutup

Itulah dia beberapa tips untuk merawat website bagi seorang pemula. Semoga dapat membantu Anda dan juga client dari Indonesian Blogger untuk mengelola website mereka sendiri.

Jika Anda suka dengan artikel ini, silahkan dibagikan agar lebih bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan Balasan