Tips Memulai Bisnis yang Sukses untuk Pemula agar Bertahan Lama

Tips Memulai Bisnis – Untuk mulai membangun bisnis yang kuat dan dapat bertahan lama merupakan impian banyak orang. Namun, dalam pelaksanaannya tentu tidak mudah sama sekali.

Tips Memulai Bisnis

Anda perlu perencanaan yang matang sebelum menjalankan bisnis tersebut. Perencanaan sebuah bisnis adalah pondasi awal untuk bisa memiliki usaha yang kuat.

Baca juga: Bisnis Online vs Offline, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Lalu apa saja tips yang dapat Anda terapkan untuk membangun sebuah bisnis yang kuat dan dapat bertahan lama? Berikut ini beberapa tips memulai bisnis yang dapat Anda lakukan:

Tips Memulai Bisnis untuk Pemula

1. Kenali Produk yang Anda Tawarkan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah “Kenal” dengan produk atau layananan yang ingin Anda pasarkan. Tidak hanya soal kelebihannya saja, melainkan juga dari segi kekurangannya.

Dengan mampu mengenal produk atau layanan Anda sendiri, maka akan dapat memungkinkan terjadinya upgrade atau peningkatan yang pesat untuk bisnis Anda kedepannya.

Baca juga: Peluang Bisnis Kuliner yang Menjanjikan

Sebagai seorang pebisnis, Anda juga harus bisa mengembangkan produk yang sudah ada agar tidak luput termakan dengan produk baru yang akan Anda keluarkan.

2. Mengetahui Target Market Anda

Melakukan identifikasi pada target market atau pasar Anda dapat dimulai dengan penentuan letak geografis, usia, jenis kelamin, profesi, tingkat pendidikan, dan keadaan ekonomi.

Jadi tips untuk memulai bisnis disini adalah dengan menghindari untuk menargetkan pasar yang terlalu luas diawal.

Baca juga: Cara Mendapatkan Ribuan Kontak WhatsApp dengan Mudah

Hal ini dimaksudkan agar produk atau layanan Anda dapat lebih mudah untuk beradaptasi dengan masyarakat.

Jika langsung menargetkan ke pasar yang sangat luas, di takutkan akan membuat produk atau layanan Anda sulit untuk diterima secara umum.

Misalnya Anda menjual jam tangan, Anda bisa menargetkan kota-kota yang kira-kira tidak butuh waktu lama untuk pengiriman. Selain itu, Anda juga bisa menargetkan orang-orang dengan usia 20-40 tahun.

3. Tips Memulai Bisnis: Geografis

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia ini sangat luas, maka dari itu Anda harus bisa menetapkan dimana sebenarnya lokasi dari target market Anda. Karena setiap lokasi tentu memiliki budaya yang berbeda pula.

Baca juga: Strategi Promosi agar Penjualan Meningkat

Ambil contoh Anda menjual daging sapi di daerah Bali, tentu akan sulit sekali untuk laku karena mayoritas orang Bali adalah penganut agama Hindu dan mereka tidak mengkonsumsi sapi.

Kesalahan menentukan geografis target pasar Anda akan sangat mempengaruhi bagaimana bisnis Anda berkembang. Sehingga sangat penting untuk mengetahui ini.

4. Tentukan Bagaimana Anda Menjalankan Bisnis

Untuk bisa menentukan bagaimana bisnis Anda berjalan, Anda harus membuat atau memiliki strategi yang sejalan dengan visi dan misi dari bisnis Anda sendiri.

Baca juga: Manfaat Social Media Marketing untuk Bisnis Online

Jika tujuan Anda tidak jelas dan tidak sejalan dengan visi dan misi yang bisnis Anda terapkan, maka akan merugikan bisnis Anda kedepannya. Itulah mengapa strategi pemasaran sangat penting.

5. Tips Memulai Bisnis: Waktu Action

Jika Anda telah selesai membuat perencaan yang matang, sekarang pikirkan kapan waktu yang tepat untuk Anda memulai bisnis Anda ini. Anda harus memikirkannya dengan matang hal ini.

Memang untuk memulai bisnis, Anda harus action. Tapi perhatikan juga kapan waktu yang tepat untuk memulainya.

Baca juga: Elemen Penting Social Media Marketing

Jika salah-salah atau asal-asalan, bukan hal yang tidak mungkin bisnis Anda akan sulit untuk berkembang karena berada di waktu yang salah.

Misalnya Anda membuka bisnis pakaian branded di saat seperti saat ini, kemungkinan Anda akan kesulitan mendapatkan pembeli karea semua orang sedang butuh uang.

Mereka tentu memilih untuk menyimpan uang mereka untuk keperluan yang lebih utama seperti makan, tempat tinggal, tagihan, dan sebagainya.

Penutup

Itulah dia beberapa tips memulai bisnis yang sukses dan dapat bertahan lama. Jangan lewatkan satu point saja agar Anda bisa memulai bisnis dengan perencanaan dan meraih kesuksesan.

Tinggalkan Balasan