Tips Cara Menentukan Nama Domain untuk Website Bisnis Anda

Tips Cara Menentukan Nama Domain – Halo Indonesian Blogger, mungkin Anda sering melihat sebuah toko sangat populer dan menarik banyak pengunjung yang datang.

Bukan hanya soal apa yang mereka jual, apakah produknya bagus dan banyak dicari orang. Namun, nama dari toko tersebut juga memberi pengaruh yang luar biasa pada sebuah bisnis.

Sebuah nama dapat membuat bisnis Anda menjadi lebih mudah di ingat dan juga lebih popular. Untuk itu, Anda tidak dapat membuatnya secara asal. Begitu pula dengan website Anda!

Anda harus mematenkan nama bisnis Anda dalam bentuk domain (Alamat url agar website dapat diakses di internet). Karena jika terlambat, bisa saja nama tersebut sudah di claim orang lain.

Baca juga: Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Website untuk Berkembang?

Sebelum Anda claim nama domain untuk bisnis Anda, ketahui dulu beberapa tips cara menentukan nama domain untuk website Anda. Simak dibawah ini.

Tips Cara Menentukan Nama Domain

Tips Cara Menentukan Nama Domain

Nama yang Mudah untuk Dieja

Jika nama Anda mudah dieja, Anda dapat menggunakannya sebagai nama domain untuk situs web Anda. Namun, jika sulit untuk memperjelas nama Anda, Anda harus mempertimbangkan nama alternatif lain.

Jika domain yang Anda inginkan sudah tidak tersedia, sebaiknya pertimbangkan untuk mencari nama yang lain ketimbang harus menggunakan nama domain yang sama dan berbeda ekstensi saja (.com, .net, dll).

Brand dan Domain

Nama domain bukan hanya nama, mereka juga menjadi brand dari bisnis Anda. Brand atau merek adalah cara terbaik untuk mempromosikan bisnis Anda. Selain itu, dengan brand, orang akan mempertimbangkan bisnis yang dibuat dengan lebih serius.

Nama yang Pendek dan Mudah di Ingat

Secara teknis, 63 karakter adalah batas maksimum dari sebuah nama domain. Namun, ini tidak berarti Anda harus membuat nama domain hingga 63 karakter. Anda dapat membuat nama domain dengan 63 karakter, tetapi itu tidak ideal. Nama domain yang ideal adalah yang pendek dan mudah diingat.

Gunakan Ekstensi yang Tepat

Saat ini ada banyak sekali ekstenti domain yang tersedia dan itu semua beragam. Opsi ekstensi domain tidak terbatas pada .COM, .CO.ID, dan .NET. Ada lebih dari 1.200 opsi ekstensi yang dapat Anda gunakan.

Namun, jika bisa sebaiknya gunakan ekstensi .com karena itu lebih melekat dikepala orang-orang Indonesia.

Jangan Gunakan Angka dan Tanda Hubung

Nama domain yang sempurna adalah nama domain yang pendek dan mudah diingat. Namun, sebaiknya Anda juga harus menghindari angka dan tanda hubung.

Karena itu akan membuat nama Anda akan sulit di ingat dan diketik oleh orang-orang. Walaupun sebenarnya tidak ada pengaruhnya untuk pencarian di google, tapi untuk membangun branding, rasanya tidak baik.

Cari Kombinasi Kata yang Tepat

Kesalahpaham bisa saja terjadi jika Anda menggunakan nama domain yang salah. Contohnya namanya adalah nama IT Scrap, jika dalam bentuk nama itu sudah sangat bagus. Namun jika digabungkan menjadi domain akan terjadi kesalahpahaman.

Yaitu menjadi itscrap.com yang apabila dalam bahasa inggris berarti omong kosong/tipu. Sehingga kombinasi kedua kata tersebut kurang cocok untuk menjadi domain, terlebih untuk membangun branding.

Sebagai seorang pelaku bisnis, Nama bisnis Anda adalah aset terbesar bagi Anda dan bagi banyak orang di Internet untuk mengetahui yang asli. Anda memerlukan identitas online yang bagus, yaitu, nama domain.

Nama domain yang akan Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan calon klien dan rekan kerja. Karena itu, nama domain Anda harus kreatif, tetapi profesionalisme Anda masih muncul. Nama domain yang Anda pilih tidak hanya terbatas pada domain bahasa Indonesia, tetapi juga nama domain umum menurut merek Anda.

Daftarkan Domain untuk Jangka Panjang

Jika Anda telah menemukan nama yang cocok untuk domain Anda, sebaiknya langsung mendaftarkannya dengan durasi yang panjang, minimal diatas 3 tahun.

Mengapa? Karena itu memberi tahu google bahwa situs Anda akan ada dalam waktu yang lama/bertahun-tahun. Selain itu, juga untuk menghindari domain expired karena Anda lupa untuk memperpanjangnya.

Jika domain telah expired, maka Anda butuh waktu lagi sebelum mendaftarkan ulang domain Anda. Walaupun bisa didaftarkan ulang, namun domain Anda akan kembali seperti baru, itu artinya domain authority Anda kembali ke 0 lagi.

Optional

Jika Anda ingin menargetkan satu wilayah, maka Anda bisa membuat domain yang tentu saja ada embel-embel wilayah yang Anda targetkan. Contohnya bajubandung.com, itu artinya Anda menargetkan penjualan baju Anda untuk area bandung.

Hal tersebut tidak membatasi Anda untuk mendapatkan penjualan dari luar kota bahkan luar negeri. Jadi, Anda tidak perlu khawatir.

Penutup

Itulah dia beberapa tips cara menentukan nama domain untuk website Anda. Jika Anda telah menentukan nama domain Anda, sekarang waktunya membuat website bisnis.

Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website dari Indonesian Blogger untuk membantu Anda membuat website tanpa perlu repot dan pengetahuan seputar web development.

Anda hanya perlu memberitahu kami ide Anda dan kami akan aplikasikan ide tersebut ke website Anda.

Tinggalkan Balasan