Strategi Promosi agar Penjualan Meningkat yang Efektif di Era Digital

Promosi penjualan merupakan salah satu strategi bisnis untuk meningkatkan minat konsumen dalam membeli produk dari perusahaan.

strategi promosi

Meningkatkan penjualan produk dan menghasilkan keuntungan tentu saja menjadi target dari setiap bisnis. Bukan hanya itu saja, promosi juga digunakan untuk memperkenalkan produk.

Misalnya untuk memberitahu lebih banyak orang tentang bisnis atau produk yang Anda miliki. Anda juga bisa membangun branding dengan cara berpromosi di media sosial, search engine, dll.

Sebelum masuk ke materi utama, sebaiknya ketahui dulu apa itu promosi. Berikut ini ulasannya:

Apa Itu Promosi?

Promosi itu sendiri adalah sebuah komunikasi atau upaya pemasaran yang digunakan untuk menginformasikan tentang suatu produk kepada target market yang dituju.

Baca juga: Tips Mempromosikan Website Bisnis dengan Mudah

Selain itu, promosi juga ditujukan untuk memberitahu pelanggan bahwa produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan dari calon pembeli.

Seorang marketer akan mengelola promosi dengan berkomunikasi kepada audiens atau calon pembeli yang mewakili target market mereka.

Proses komunikasi dilakukan dengan cara melakukan pendekatan yang tepat kepada calon pembeli agar mereka tertarik dan mau membeli produk yang di promosikan.

Strategi Promosi agar Penjualan Meningkat

Dengan semakin pesatnya perkembangan digital, membuat para pebisnis lebih mudah untuk melakukan promosi dan meningkatkan penjualan produk mereka.

Tidak seperti promosi zaman dulu, dimana pemilik bisnis memerlukan biaya yang tinggi dan juga strategi yang berbeda dengan strategi promosi di era digital.

Baca juga: Cara Meningkatkan Conversion Rate Dalam Strategi Marketing

Sedangkan di era digital, semua serba mudah, murah, dan praktis. Namun, dengan semua kemudahan itu, ada strategi khusus yang harus diterapkan agar hasilnya maksimal, simak di bawah ini.

1. Personal Selling

Strategi ini masih menganut strategi zaman dulu, yaitu dengan cara mentransfer informasi secara langsung kepada calon pelanggan untuk menarik minat langsung untuk membeli produk.

Hanya saja cara mentransfer informasinya yang berbeda. Zaman dulu hanya mengandalkan sales, saat ini dilakukan melalui platform komunikasi seperti WhatsApp dan lainnya.

2. Strategi Promosi: Advertising

Cara promosi yang efektif berikutnya adalah dengan memanfaatkan media periklanan seperti Instagram Ads, Facebook Ads, Google Ads, dan lain sebagainya.

Strategi promosi yang satu ini terbilang sangat mudah untuk dilakukan karena Anda hanya perlu mengetahui bagaimana cara untuk beriklan, menentukan target market, dll.

Baca juga: Strategi Bisnis untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

Strategi promosi yang satu ini terbilang sangat mudah untuk dilakukan karena Anda hanya perlu mengetahui bagaimana cara untuk beriklan, menentukan target market, dll.

Setelah itu, iklan Anda akan ditayangkan ke ratusan ribu pengguna media sosial ataupun mesin pencarian yang sesuai dengan minat mereka. Di era digital, strategi satu ini jadi favorite.

3. Sales Promotion

Jika Anda ingin meningkatkan penjualan dengan jangka yang pendek, sales promotion adalah strategi yang tepat untuk Anda. Karena efek dari sales promotion ini memang boom.

Ada berabagai cara untuk melakukan sales promotion, seperti memberikan diskon, memberikan bonus, dan lain sebagainya. Cara ini sangat cepat dalam hal membuat calon pembeli tertarik.

4. Strategi Promosi: Social Media Marketing

Pengguna media sosial saat ini sudah sangat banyak sekali, bahkan setiap orang bisa memiliki lebih dari 1 akun. Dengan kata lain, Anda bisa manfaatkan ini untuk meningkatkan penjualan Anda.

Baca juga: Manfaat Social Media Marketing untuk Bisnis Online

Caranya cukup mudah, pertama silahkan Anda membuat media sosial seperti facebook, Instagram, dan sebagainya. Kemudian Anda perlu membuat konten dan posting di akun Anda.

Caranya cukup mudah, pertama silahkan Anda membuat media sosial seperti facebook, Instagram, dan sebagainya. Kemudian Anda perlu membuat konten dan posting di akun Anda.

Dengan begitu, followers Anda meningkat dan disinilah waktunya Anda selipkan produk yang Anda tawarkan. Mereka akan tertarik dan mengerti bahwa Anda mengetahui dengan baik produk Anda.

5. Endorse atau Brand Ambassador

Dengan pesatnya perkembangan digital khususnya dalam penggunaan sosmed, membuat strategi edorse dan juga brand ambasador semakin di gemari. Itulah mengapa Anda harus menerapkannya.

Baca juga: Strategi Meningkatkan Followers dan Like di Social Media

Dengan melakukan endorse ataupun bekerja sama dengan selebriti atau publik figur dapat membantu produk Anda dikenal lebih banyak orang dan juga meningkatkan penjualan.

Seperti yang kita ketahui bahwa para selebriti ini memiliki jumlah fanbase ataupun pengikut dengan jumlah yang besar. Tentu saja ini menjadi kolam yang besar untuk produk Anda.

Tambahan Strategi Promosi

Anda juga dapat memanfaatkan website ataupun landing page untuk melakukan promosi dan juga membangun branding untuk produk Anda.

Untungnya sekarang sudah banyak sekali penyedia jasa pembuatan website yang dapat Anda gunakan. Salah satunya adalah kami (IDBlog Media), kami dapat membantuk Anda untuk memiliki website.

Penutup

Itulah dia beberapa strategi promosi yang dapat Anda terapkan untuk kesuksesan bisnis Anda. Temukan inspirasi dan tips bisnis lainnya di abdulmuhajir.com.

Tinggalkan Balasan