Media Sosial yang Efektif untuk Mengembangkan Bisnis

Parkembangan dunia internet di Indonesia membuat masyarakat menjadi lebih melek lagi dengan Internet. Salah satunya terlihat dari seberapa efektif media sosial untuk perkembangan bisnis.

media sosial yang efektif

Dari sebuah data yang kami temukan, 64% pengguna internet di Indonesia memiliki akun media sosial, bahkan ada yang lebih dari satu akun. Entah itu Facebook, Instagram, dan sebagainya.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis yang Sukses untuk Pemula

Pada awalnya media sosial digunakan untuk berbagi kegiatan sosial yang berbasis online saja. Namun, saat ini media sosial juga sudah masuk ke ranah bisnis yang berskala besar.

Hal tersebut membuat media sosial menjadi penting dan sangat efektif untuk melakukan promosi dan mengembangkan bisnis. Mulai dari jualan, branding, hingga content creator.

Media Sosial yang Efektif untuk Perkembangan Bisnis

Jika Anda belum menggunakan media sosial, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakannya untuk pengembangan bisnis Anda. Berikut ini beberapa media sosial yang efektif untuk digunakan:

1. Facebook

Tak bisa dipungkiri meski bermunculan banyak sekali media sosial yang baru, namun media sosial yang satu ini masih menjadi favorit sebagian besar pengguna di Indonesia.

Baca juga: Strategi Promosi agar Penjualan Meningkat

Jika Anda merasa tidak ingin memiliki akun Facebook untuk akun pribadi, Anda bisa membuat akun dan membuat fanpage untuk bisnis Anda, dengan begitu Anda tetap bisa promo bebas di fanpage Anda.

2. Instagram

Instagram adalah aplikasi berbagi foto dan video yang sekarang menjadi salah satu media sosial yang paling efektif untuk menjual produk Anda. Hal ini tidak lepas dari konten yang dibagikan melalui Instagram.

Kekuatan visual lebih menarik dalam mengubah penikmat foto menjadi seorang pelanggan yang loyal.Jadi, buatlah foto produk Anda semenarik mungkin untuk menarik perhatian.

Baca juga: Jasa Pembuatan Desain Feed Instagram

Anda juga bisa mengembangkan akun Anda dengan membuat konten-konten yang menarik dan informatif. Tujuannya adalah mengumpulkan followers yang nantinya akan jadi pelanggan Anda.

3. Media Sosial yang Efektif: Twitter

Meskipun pamor Twitter sempat turun dengan kehadiran Instagram. Namun 2 tahun belakangan ini pamornya kembali meningkat. Bisa dilihat dari tingginya antusias masyarakat kembali menggunakan Twitter.

Untuk itu, Anda bisa manfaatkan moment ini dengan membuat akun bisnis Anda dan mempromosikan produk atau jasa yang Anda miliki disana. Tentunya dengan tweet yang sedikit unik.

Baca juga: Manfaat Social Media Marketing untuk Bisnis Online

Kenapa harus unik? Karena rata-rata warga Twitter suka dengan yang unik-unik, menarik, terlebih lagi lucu. Jika Anda bisa rutin membuat tweet yang menarik, pasti sangat mudah mendapatkan perhatian warga Twitter.

4. Kaskus

Tidak hanya sebatas jejaring sosial di dunia maya, Kaskus merupakan wadah besar untuk mengembangkan bisnis Anda. Dengan jumlah user yang mencapai hampir 8 juta tentu akan sangat efektif dalam promosi.

Baca juga: Elemen Penting Social Media Marketing

Kaskus menerima traffic yang hampir jutaan setiap bulannya, tentu sangat potensial untuk bisa menjaring pelanggan baru untuk bisnis Anda. Anda juga bisa memiliki akun secara gratis di Kaskus.

5. Website

Setelah memiliki semua media sosial diatas, Anda juga tidak boleh melewatkan untuk memiliki website bisnis Anda. Ini merupakan cara terbaik untuk memberikan pelayanan maximal pada pelanggan.

Meskipun bukan termasuk media sosial, tapi website merupakan media yang efektif juga untuk menjual, membangun branding, atau mendatangkan calon pembeli.

Dengan website, Anda bisa melakukan promosi secara gratis, melakukan trasaksi langsung di website, hingga sebagai media branding produk Anda. Website juga jadi solusi untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Untuk memiliki website pun sangat mudah sekali, Anda bisa membuatnya sendiri atau menggunakan jasa pembuatan website dari IDBlog Media.

Dengan biaya yang terjangkau, Anda sudah bisa memiliki website bisnis Anda sendiri.

Penutup

Itulah dia beberapa peran penting media sosial untuk mengembangkan bisnis Anda. Jadi, mulailah manfaatkan media sosial yang usernya adalah target market Anda.

Jika artike ini bermanfaat, silahkan share agar lebih banyak lagi yang mengetahuinya dan mampu untuk membantu perkembangan bisnis mereka.

Tinggalkan komentar

Need Help? Chat with us