Home » Tips Bisnis » Fungsi Laporan Keuangan untuk Bisnis Skala Kecil

Fungsi Laporan Keuangan untuk Bisnis Skala Kecil

fungsi laporan keuangan

Fungsi Laporan Keuangan – Memulai bisnis sendiri adalah impian banyak orang, namun karena suatu dan lain hal terkadang bisnis tersebut mengalami masalah dalam perhitungan atau kuangan bisnis karena tidak tercatat.

Banyak pebisnis yang malas dan tidak mau membuat laporan keuangan ini karena dirasa sulit dan merasa tidak diperlukan. Nyatanya laporan keuangan adalah salah satu sumber informasi yang penting bagi suatu bisnis.

Fungsi Laporan Keuangan untuk Bisnis

Terlebih lagi bagi bisnis yang ingin mendapatkan investor, tentu saja pembukuan ini sangat diperlukan dan tidak bisa ditawar. Lantas apa saja fungsi dari membuat laporan keuangan? simak di bawah ini.

Sumber Data untuk Melakukan Evaluasi

Fungsi laporan keuangan yang pertama adalah sebaga sumber data untuk melakukan evaluasi nantinya.

Suatu bisnis wajib melakukan berbagai inovasi untuk terus mengembangkan bisnis. Sayangnya inovasi yang di buat terkadang tidak memberikan efek apa­apa karena salah dalam pengambilan langkah.

Dengan data laporan keuangan yang terperinci, Anda bisa melihat dengan jelas mana saja yang memberikan dampak baik untuk bisnis dan mana yang tidak.

Sehingga dengan memiliki laporan keuangan, kesalahan pengambilan langkah bisa di minimalisir.

Anda pun bisa menentukan mana inovasi yang memang memberikan keuntungan dan mana inovasi yang tidak memberikan dampak apa­apa tanpa ada kesulitan yang berarti.

Fungsi Laporan Keuangan untuk Pengambilan Keputusan

Seperti yang sudah di sebutkan pada point sebelumnya, bahwa kadang pebisnis mengalami kesalahan dalam mengambil langkah.

Dengan memanfaatkan semua laporan kuangan maka hal ini dapat di minimalisir.

Laporan keuangan sangat berperan penting bagaimana Anda mengambil keputusan kedepannya.

Jika laporan keuangan perbulannya bisnis mengalami perkembangan maka Anda bisa tahu mana strategi marketing yang tepat untuk bisnis Anda.

Anggap saja Anda memiliki produk A dan Produk B, kemudian semua tercatat dalam laporan keuangan. Saat melakukan audit Anda bisa lihat mana produk yang memberikan efek signifikan untuk bisnis Anda.

Setelah itu, Anda bisa menentukan mana produk yang terbaik, kemudian lebih meningkatkan produksi salah satu produk yang punya nilai jual lebih tinggi.

Syarat Pinjaman Dana

Bisnis tidak akan selalu berjalan lancar, terkadang kita butuh kucuran dana untuk terus bertahan. Salah satu cara menyelamatkan keuangan bisnis yang hancur adalah melakukan pinjaman dana.

Namun, syarat utama untuk melakukan pinjama dana adalah adanya laporan keuangan yang baik. Pihak bank ataupun kreditur tidak akan memberikan pinjaman apabila bisnis Anda tidak memiliki laporan keuangan.

Sedangkan untuk Anda yang bisnisnya masih berskala kecil, sebaiknya hindari meminjam di Bank. Anda bisa pinjam dana ke orang­-orang terdekat Anda terlebih dahulu, seperti keluarga ataupun teman terdekat Anda.

Fungsi Laporan Keuangan untuk Pajak

Setiap bisnis yang diwajibkan membayar pajak kepada pemerintah. Tapi berapa pajak yang harus Anda bayarkan tergantung hasil audit nantinya.

Tanpa adanya laporan keuangan, bisa saja terjadi denda atau masalah yang tidak terlihat.

Berbeda cerita apabila Anda memiliki laporan keuangan yang tertata rapi. Anda bisa mengetahui dan menentukan berapa besaran pajak yang wajib di bayarkan oleh bisnis Anda, semua jelas dan tidak memusingkan saat audit.

Penutup

Itulah dia beberapa fungsi dari membuat laporan keuangan. Laporang keuangan sangat berperan penting dalam perkembangan bisnis Anda.

Sehingga sangat di wajibkan apabila Anda ingin membangun bisnis yang di kelola secara baik.

Tidak perduli apakah bisnis Anda kecil atau besar, semuanya butuh pembukuan yang baik. Jadi mulai dari sekarang jangan menggangap remeh ya untuk pembukuan atau membuat laporan keuangan untuk bisnis Anda.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *