Elemen Penting Social Media Marketing, WAJIB TAHU!

Ilmu social media marketing tidak dapat dipisahkan dari elemen-elemen penting yang menyertainya. Komponen ini adalah landasan yang dalam penerapan social media marketing.

Elemen penting social media marketing

Komponen ini ditemukan di semua elemen social media marketing. Komponen ini juga merupakan penyebab kegagalan atau keberhasilan pengaplikasian social media marketing.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan elemen-elemen yang terkandung dalam social media marketing.

Baca juga: Cara Meningkatkan Conversion Rate Dalam Strategi Marketing

Bahkan, ada banyak elemen penting dari social media marketing yang sering dilewatkan. Kali ini, IDBlog akan membahas beberapa di antaranya.

Elemen Penting Social Media Marketing

1. Tujuan dan Pemasaran

Untuk melakukan social media marketing, ada strategi khusus yang harus Anda terapkan. Namun, dalam proses perencanaan untuk strategi ini ada komponen kunci yang harus Anda tentukan terlebih dahulu.

Yaitu, Tujuan Bisnis.

Tetapkan target untuk bisnis Anda. Berpikir terlalu banyak tentang banyak gol akan membuat Anda tidak fokus dan membuat pencapaian Anda kurang optimal.

Baca juga: Strategi Bisnis untuk Meningkatkan Penjualan

Tujuan Pemasaran

Berikutnya adalah tujuan pemasaran. Anda harus membidiknya. Misalnya, membuat merek Anda lebih populer di media sosial, Anda harus bisa membangun reputasi yang baik di medsos.

Pilih tujuan bisnis dan pemasaran Anda dengan baik. Karena inilah yang akan menentukan arah bisnis yang Anda jalankan.

2. Jangan Lupakan Riset

Dalam bisnis, melakukan riset sangat penting bagi kelangsungan bisnis Anda. Tanpa riset, Anda akan kehilangan banyak hal yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Ada beberapa jenis riset yang sangat penting untuk Anda lakukan yaitu :

Riset Siapa Calon Pelanggan Anda

Anda perlu mencari calon pelanggan Anda. Misalnya, jika perusahaan Anda menjual alat tulis dan kantor. Pelanggan yang paling potensial adalah siswa dan pekerja kantoran.

Baca juga: Strategi Meningkatkan Followers dan Like di Social Media

Setelah mengenal pelanggan potensial, targetkan konten media sosial Anda untuk menargetkan pelanggan yang Anda cari.

Riset siapa Kompetitor Anda

Anda dapat membandingkan konten media sosial dari pesaing Anda. Minimal, Anda perlu lebih dari 3 bahan penelitian untuk membandingkan.

Ketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing pesaing. Ini akan menguntungkan Anda untuk evaluasi lebih lanjut.

3. Tetapkan Strategi Media Sosial

Mendefinisikan strategi adalah komponen penting dari social media marketing. Tanpa strategi, tujuan yang Anda tetapkan dan penelitian Anda akan sia-sia.

Temukan strategi paling efektif untuk membuat konten yang menarik. Jadwalkan unggahan konten secara berkala. Juga, akan sangat membantu bagi Anda untuk menjawab pertanyaan di kolom komentar.

Ada kalanya penggunaan Ads (iklan) juga bisa lebih efektif. Misalnya, iklan Facebook yang membantu Anda menjangkau pembaca potensial.

Menggunakan iklan sangat berguna jika akun media sosial Anda tidak memiliki banyak pengikut.

4. Penganggaran

Anggaran telah menjadi komponen penting dari social media marketing. Melakukan social media marketing secara gratis memang bisa. Namun, hasilnya juga tidak akan maksimal.

Anda perlu biaya untuk membayar konten berbayar, layanan desain, atau karyawan. Tetapi pastikan dalam hal ini Anda memiliki tingkat pengembalian investasi yang tinggi (laba atas investasi) sehingga biaya Anda tidak sia-sia.

Kesimpulan

Ini adalah beberapa elemen penting dari social media marketing yang harus Anda perhatikan. Mengabaikan elemen-elemen di atas akan menyebabkan upaya pemasaran Anda melalui media sosial gagal atau tidak berkembang.

Sumber: https://abdulmuhajir.com/elemen-social-media-marketing/