7 Cara Menghasilkan Uang di Internet dengan Modal Kuota

Bagaimana cara menghasilkan uang di internet adalah sebuah pertanyaan yang sampai saat ini masih selalu dicari banyak orang, termasuk Anda yang sedang membaca ini.

Cara Menghasilkan Uang di Internet

Untuk memulai mencari uang di internet sebenarnya susah-susah gampang, karena butuh effort yang tinggi. Faktanya tidak ada cara mudah untuk menghasilkan di Internet.

Kami sudah membuktikannya sendiri, sehingga pernyataan tersebut “Valid”. Jika Anda tidak ingin berproses, sebaiknya urungkan niat untuk mendapatkan uang dari internet.

Jika Anda sudah teguh pendirian, berikut ini kami sudah merangkum beberapa cara mendapatkan uang dari internet yang dapat Anda coba. Simak dibawah ini:

Cara Menghasilkan Uang di Internet

Sebelum memulai, pastikan disini Anda setidaknya memiliki media sosial, kuota internet, ataupun website. Mengapa? karena Anda membutuhkan akses internet dan media berpromosi.

1. Menjadi Affiliate Marketer

Afiliasi adalah program kerja sama antara Anda dan pemilik produk untuk membantu mereka mempromosikan produk mereka. Jadi, sistemnya adalah “Revenue sharing”.

Untuk mendapatkan penghasilan dari internet dengan menjadi seorang affilate marketer bisa jadi pilihan jika Anda tidak ingin keluar modal. Anda hanya butuh kuota, medsos, atau website.

Baca juga: Tips Cara Mencari Produk Program Affiliate

Ada banyak sekali program afiliasi yang bisa Anda ikuti, contohnya afiliasi bukalapak, Lazada, Amazon dan banyak lagi website lainnya. Sesuai produk yang Anda inginkan.

2. Menjadi Seorang Blogger

Cara cari uang dengan “mudah” (Dalam tanda kutip) di internet berikutnya adalah dengan menjadi seorang blogger. Asiknya, Anda tidak butuh modal untuk memulainya.

Anda hanya membutuhkan kuota dan juga kegemaran dalam menulis. Anda bisa memulai dari membuat blog dengan platform gratisan seperti blogger.com.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anda Perlu Memiliki Website

Di blog yang Anda miliki, Anda bisa menulis apapun yang menjadi minat Anda. Beberapa topik yang populer seperti food, travel, tips, dan teknologi. Anda juga bisa buat topik Anda sendiri.

Untuk mengasilkan uangnya bisa dengan cara join google adsense, bekerja sama dengan brand, perusahaan, lomba menulis ataupun sebagainya. Untuk google adsense Anda harus daftar.

Sedangkan untuk kerja sama dengan brand atau perusahaan, biasanya mereka akan menghubungi melalui email.

3. Menghasilkan Uang di Internet dengan Menjual Skills

Cara mendapatkan penghasilan dari internet yang satu ini hanya bisa dijalankan apabila Anda memiliki keahlian pada bidang tertentu. Misalnya skill desain grafis, editing, dan sebagainya.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua keahlian memiliki nilai jual atau pasar yang besar.

Contohnya jika Anda adalah seorang desainer grafis, maka cukup mudah mendapatkan client karena sangat dibutuhkan banyak orang (Olshop, bisnis, dll).

Baca juga: 7 Peluang Usaha di Bidang Jasa

Untuk menjual jasa, Anda bisa membuat website Anda sendiri, contohnya IDBlog Media. Jika tidak ingin membuat website, Anda bisa join situs-situs freelancer dan jual kemampuan Anda disana.

Beberapa situs freelancer yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah sebagai berikut:

  1. Projects
  2. Fastwork
  3. Freelancer.co.id / Freelancer.com (Versi Global)
  4. Sribulancer
  5. Fiverr
  6. Upwork

4. Menjadi Dropshipper

Cara menghasilkan uang di internet berikutnya adalah dengan menjadi seorang dropshipper. Jika Anda belum familiar dengan dropship, berikut kami jelaskan secara singkat.

Secara sederhana, dropship adalah menjual suatu produk tertentu tanpa harus melakukan stok barang. Anda hanya perlu bekerja sama dengan suatu produk atau toko dan menjualnya.

Baca juga: Strategi Bisnis untuk Meningkatkan Penjualan

Jadi, tugas Anda hanya menjual produk dan menaikan harga produknya. Ketika ada yang membeli, Anda hanya perlu melakukan order ke pemilik barang dan membayar dengan harga normal.

Kemudahan dari dropship adalah Anda tidak perlu melakukan packing dan pengiriman barang. Semua itu akan dilakukan oleh pemilik produknya, tugas Anda hanya jualan.

Hitung-hitungannya kurang lebih seperti ini:

Harga asli produk: Rp 50.000
Anda jual: Rp 80.000
Keuntungan Anda: Rp 80.000 – Rp 50.000 = Rp 30.000/produk

Beberapa situs yang menyediakan dropship yang bisa Anda ikuti seperti Shopee, Tokopedia, atau join situs dropshipaja.com.

5. Menghasilkan Uang di Internet dengan YouTube

Cara mendapatkan uang lebih cepat berikutnya adalah dengan menjadi seorang YouTuber. Bukan sebuah rahasia lagi bahwa platform berbagi video ini bisa menjadi tempat untuk menghasilkan uang.

Baca juga: Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Website

Banyak sekali orang yang ingin menjadi seorang YouTube, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Banyak yang beranggapan bahwa menjadi YouTuber adalah cara mudah untuk menghasilkan uang.

Faktanya, tidak semudah itu. Anda butuh konsistensi dalam pembuatan video, memiliki konten yang menarik atau informatif, dan setidaknya memiliki skills editing basic.

Jika Anda mampu melakukan yang disebutkan diatas, Anda sudah bisa menjadi seorang YouTuber. Anda bisa menghasilkan jutaan hingga ratusan juta rupiah dari menjadi seorang YouTuber.

Penghasilan tersebut berasal dari program Google Adsense, kerja sama dengan brand atau sponsor, ataupun menjual merchandise Anda sendiri.

6. Menjadi Penulis Lepas

Cara mencari uang di internet berikutnya adalah dengan menjadi penulis lepas. Jika Anda gemar menulis tapi tidak ingin membuat blog sendiri, Anda bisa menulis dan dibayar.

Beberapa cara untuk menghasilkan uang dengan menulis bisa Anda lakukan dengan membuka jasa penulisan artikel ataupun menulis artikel di situs seperti IDNTimes, JalanTikus, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa menjual jasa atau skill menulis Anda pada situs-situs freelancer yang sudah disebutkan pada point ketiga. Berapa yang bisa Anda dapatkan? Tergantung!

Hitungan dalam penjualan artikel biasanya ditentukan dari jumlah katanya. Misalnya untuk artikel dengan jumlah 500 kata, bisa Anda jual mulai dari Rp 10.000 – Rp 13.000/artikel.

Sedangkan jika menulis di media seperti IDNTimes, JalanTikus, dan sebagainya, biasanya ditentukan berdasarkan jumlah viewsnya. Semakin banyak yang baca tulisan Anda, bayarannya juga makin tinggi.

7. Menghasilkan Uang di Internet dengan Menjual Foto

Bagi Anda yang menyukai fotografi, cara mendapatkan penghasilan tambahan dari internet yang satu ini adalah solusinya. Anda hanya butuh kamera dan kemampuan fotografi.

Yang terpenting disini adalah hasil foto yang memiliki kualitas yang baik atau tidak buram, dan objeknya jelas. Jika hal tersebut bisa dilakukan dengan smartphone Anda, maka lakukan saja.

Salah satu situs yang kami rekomendasikan adalah “Shutterstock“. Anda hanya perlu mendaftar dengan klik link yang disematkan diatas (Yang diberi tanda kutip dan Bold) setelah itu selesai.

Tugas Anda hanya perlu upload gambar terbaik yang Anda potret, kemudian akan di review oleh team mereka, jika lulus, Anda sudah siap untuk mendapatkan penghasilan dari jualan foto.

Sistemnya adalah ketika ada yang membeli foto Anda dari situs tersebut, maka Anda akan mendapat bayaran. Foto sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk membuat konten mereka.

Sehingga, jika foto Anda sesuai dengan yang mereka butuhkan, mereka Anda membeli foto Anda. Sesimple itu cara kerjanya.

Penutup

Itulah dia beberapa cara untuk menghasilkan uang di internet hanya dengan modal kuota yang bisa Anda coba. Perlu di ingat bahwa semua jenis pekerjaan butuh konsistensi dan effort.

Jadi, jangan berharap bahwa Anda bisa menghasilkan uang dengan cepat dari Internet. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan silahkan komentar jika ada referensi lainnya.

Tinggalkan Balasan