Cara Mencari Pekerjaan yang Sesuai dengan Bakat

Cara Mencari Pekerjaan yang Sesuai dengan Bakat – Setelah lulus mengenyam pendidikan formal, salah satu yang dipikirkan tentu saja mengenai pekerjaan.

Cara Mencari Pekerjaan

Ada yang sudah mempersiapkan diri untuk bekerja di suatu bidang pekerjaan. Namun tidak sedikit juga yang masih bingung ingin bekerja dibidang apa dan menjadi apa.

Mungkin Anda sering mendengar istilah “Bekerjalah sesuai passion Anda”, mengapa kalimat ini sering sekali digunakan ketika berbicara mengenai pekerjaan?

Karena biasanya bekerja sesuai passion akan membuat diri Anda merasa lebih bahagia.

Lalu permasalahan berikutnya muncul “Apa passion dalam diri saya”. Ya, masih banyak orang yang belum mengetahui passion dalam dirinya dan sedang berusaha keras untuk menemukannya.

Anda tak perlu dilema, salah satu hal mendasar yang perlu Anda ketahui yaitu minat dan bakat yang ada dalam diri Anda.

Bakat biasanya sudah dapat dilihat dari kecil dalam hidup seseorang, hanya saja kadang kita tidak menyadarinya.

Baca juga: Cara Meningkatkan Conversion Rate Strategi Marketing

Minat dan bakat biasanya diawali dengan segala sesuatu yang Anda sukai. Jika dilihat dari pengertiannya sendiri, minat adalah perhatian yang mengandung unsur-unsur perasaan.

Perhatian ini akan mendorong Anda melakukan hal atau kegiatan dalam suatu bidang apapun dan terdapat perasaan senang dalam melakukan kegiatan tersebut.

Ketika Anda sudah berhasil menemukan bakat dan minat Anda, langkah berikutnya yaitu tentu saja mencari tahu jenis pekerjaan apa yang cocok dengan bakat dan minat dalam diri.

Cara Mencari Pekerjaan yang Sesuai Bakat

Beberapa cara ini bisa Anda lakukan untuk mengetahui pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat, yaitu sebagai berikut:

1. Tanya Kepada Orang Yang Memiliki Pekerjaan Sesuai Impian Anda

Salah satu hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencari tahu pekerjaan yang sesuai bakat Anda adalah dengan berbincang dan bertanya kepada orang yang sudah memiliki pekerjaan sesuai dengan impian Anda.

Kadang kala kita memimpikan suatu pekerjaan dibidang tertentu namun tidak mengetahui secara jelas dan mendalam mengenai profesi atau job tersebut.

Agar Anda tidak salah arah, Anda bisa bertanya mengenai profesi tersebut kepada orang yang sudah bekerja dibidang tersebut.

Baca juga: 7 Peluang Usaha di Bidang Jasa

Dengan berbincang dan berbicara dengan orang yang berprofesi sama dengan apa yang Anda impikan, Anda jadi tahu lebih mendalam dan dapat meyakinkan diri apakah profesi tersebut benar-benar sesuai dengan minat, bakat dan karakter Anda.

2. Magang

Jika Anda ingin merasakan langsung bagaimana bekerja dibidang tertentu, Anda bisa melakukan magang.

Bahkan magang juga sudah ada saat masa SMK yang biasa disebut dengan PKL (Praktek Kerja Lapangan). Diperguruan tinggi pun ada program magang agar mahasiswa tahu bagaimana kondisi real di dunia kerja.

Akan tetapi banyak kasus orang yang kuliah mengambil jurusan tidak sesuai dengan bakat dan minatnya. Sehingga magang yang dilakukan dimasa bangku sekolah hanya praktek ilmu yang dipelajari saja.

Anda bisa mencoba magang diperusahaan yang memang bidang dan profesinya sesuai dengan bakat dan minat Anda.

Dari magang Anda bisa menyimpulkan sendiri apakah profesi dan bidang tersebut benar-benar sesuai bakat Anda.

3. Melakukan Tes Minat Kerja

Tidak sedikit orang yang melakukan tes minat kerja atau tes bakat dan minat agar langkah menuju dunia karir lebih terarah.

Anda yang masih merasa bingung pekerjaan apa yang sesuai dengan diri Anda, Anda bisa mencoba melakukan tes bakat dan minat ini.

Sama hal nya dengan tes psikologi, dari tes ini Anda akan tahu tentang karakter Anda, bakat dan minat Anda dan profesi yang sesuai dengan karakter dan bakat Anda itu.

Seperti contohnya orang yang memiliki jiwa kreatif, penuh dengan ide-ide, artistik pekerjaan yang cocok dengan karakter tersebut yaitu penulis, designer atau seniman/

Orang yang memiliki jiwa sosial yang tinggi, mudah bergaul, senang bertemu dengan orang baru, pekerjaan yang cocok dengan karakter tersebut yaitu Public Relation, Sales, Marketing, Konsultan dll.

Penutup

Itulah dia beberapa cara mencari pekerjaan yang bisa Anda terapkan agar bisa mendapatkan posisi yang sesuai dengan bakat Anda. Jika artikel ini membantu Anda, silahkan share agar lebih banyak yang mengetahuinya.