Cara Memulai Bisnis Online Sendiri dari 0

Cara Memulai Bisnis Online Sendiri – Banyak diantara kita yang ingin mencoba untuk memiliki bisnisnya sendiri. Bukan hanya perihal bagaimana menghasilkan uang, tapi juga sebagai usaha untuk menjamin masa depan.

Bisnis bisa dijalankan atau dimulai oleh siapa saja, termasuk mahasiswa, Ibu-ibu, adik-adik, bahkan pengagguran sekalipun. Semua bisa memulai bisnis, tapi yang membedakan adalah bagaimana ia bisa mengelola bisnis tersebut.

Terlepas dari itu, saat ini kita sangat dimudahkan dengan dunia digital yang sangat berkembang pesat. Jika dulu untuk berjualan baju harus punya toko, saat ini Anda bisa buat toko online Anda sendiri. Anda bisa manfaatkan medsos, website, dan sebagainya.

Cara Memulai Bisnis Online Sendiri

cara memulai bisnis online

Bagi Anda yang masih bingung harus mulai bisnis darimana, tenang! Berikut ini Indonesian Blogger telah merangkum beberapa tips cara memulai bisnis untuk Anda. Silahkan simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Menentukan Produk/Jasa untuk Dijual

Pertama, tentukan barang atau jasa apa yang ingin Anda jual, coba mulai dengan hal-hal yang telah menjadi keahlian atau hobi yang Anda miliki.

Baca juga: Alasan Mengapa Anda Membutuhkan Website Bisnis

Misalnya, bagi Anda yang memiliki keterampilan fotografi, mereka dapat menyediakan layanan fotografi untuk acara resmi seperti pernikahan, ulang tahun, dll.

Selain itu bagi Anda yang memiliki pengalaman mengembangkan situs web, Anda dapat memberikan layanan pembuatan website seperti kami.

Membuat Rencana Bisnis Secara Matang

Memulai bisnis online tanpa modal tidak berarti Anda melupakan perencanaan bisnis yang cermat.

Mulailah dari target pasar, apakah menargetkan pemuda atau orang tua, lokasi, dan bagaimana Anda mempromosikannya.

Jadi di sini Anda harus memiliki tempat sendiri untuk menjalankan bisnis. Jangan hanya mengikuti tren ini, dan akhirnya Anda tidak bisa bertahan lama.

Manfaatkan e-Commerce untuk Jualan

Jika Anda menjual sebuah produk, maka manfaatkan semua platform e-commerce seperti tokopedia, bukalapak, shopee, dan sebagainya untuk menjual produk Anda. Ini membuka peluang Anda untuk bisa menjual produk pertama Anda.

Jika Anda memiliki modal, Anda bisa membuat website toko online Anda sendiri. Apakah ini perlu? Tergantung Anda! Namun, dengan memiliki website sendiri, bisnis Anda akan terlihat lebih kredibel dan terpercaya.

Kok bisa terpercaya, karena Anda mengeluarkan modal untuk bisnis Anda. Artinya, Anda serius dalam berbisnis dan bukan hanya untuk melakukan tindakan ilegal seperti menipu, dan sebagainya. Anda dapat menggunakan layanan pembuatan website untuk ini.

Manfaatkan Semua Media Sosial

Media sosial bukan lagi hanya sekadar tempat untuk berbagi keseharian, foto, status dan sebagainya. Namun, media sosial bisa jadi sebuah wadah atau platform untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Baiknya lagi, Anda tidak membutuhkan biaya sepeserpun untuk membuat akun media sosial Anda. Namun untuk hasil yang lebih efektif, Anda bisa melakukan promosi berbayar untuk mendatangkan insight ke bisnis Anda.

Gunakan semua media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, hingga YouTube untuk mempromosukan produk atau jasa Anda. Gabungan dari semuanya akan membuahkan hasil yang fantastis untuk Anda.

Membangun Relasi dengan Banyak Orang

Akhirnya, hal terpenting tentang Anda adalah Anda baru memulai bisnis online, terutama tanpa perlu modal, Anda harus membangun hubungan dengan teman-teman di sekitar Anda.

Selain menjadi pelanggan pertama, tujuan membangun relasi ini adalah untuk mendapatkan perhatian dari teman-teman Anda. Jadi mereka tahu bahwa Anda menjual sebuah produk yang mereka butuhkan.

Jadi, jika suatu hari mereka butuh, mereka bisa membelinya dari Anda. Selain itu, mereka juga dapat memberikan testimoni untuk meningkatkan kepercayaan pembeli potensial yang mengunjungi toko Anda.

Penutup

Itulah dia beberapa tips cara memulai bisnis online Anda sendiri. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa share aga bisa lebih memberikan manfaat lagi.

Tinggalkan Balasan