Bisnis Online vs Offline, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Bisnis Online vs Offline? – Perkembangan bisnis dengan media internet di Indonesia semakin meningkat. Hal ini terlihat dari banyaknya orang yang memulai bisnis online, mulai dari jual beli barang dan jasa hingga jualan konten.

Bisnis Online vs Offline

Bisnis online tidak hanya memberikan kemudahan tetapi juga peluang yang besar. Untuk itu banyak pengusaha yang sudah memiliki bisnis mulai mengembangkan bisnisnya secara online.

Baca juga: Peluang Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Wajib Dicoba

Hal ini tentunya membuat persaingan semakin ketat, terutama bagi para pengusaha pemula yang baru memulai bisnis online. Lalu apa perbedaan bisnis online vs offline? Temukan jawabannya di bawah ini.

Perbedaan Bisnis Online vs Bisnis Offline

1. Perbedaan dari Segi Lokasi

Bisnis offline berarti kebutuhan untuk memiliki toko fisik. Sebagian besar konsumen Indonesia memiliki kebiasaan mengakses, melihat dan merasakan suatu produk sebelum membeli.

Baca juga: Hobi yang Menghasilkan Uang dengan Merubahnya Jadi Bisnis

Hal ini tentunya dapat memberikan nilai tambah bagi para pengusaha yang memiliki toko fisik (offline). Dengan adanya toko fisik, pelanggan akan lebih percaya pada Anda atau produk Anda.

Sedangkan saat memilih bisnis online, Anda membutuhkan banyak waktu untuk membangun kepercayaan dengan klien. Namun, Anda tidak perlu memikirkan sewa tempat yang mahal.

Anda bisa menggunakan website, media sosial, dan media-media online lainnya untuk memasarkan atau mempromosikan produk Anda. Saat ini banyak sekali penyedia jasa internet marketing.

Anda juga dapat menggunakan layanan dari IDBlog Media untuk membantu Anda mengembangkan bisnis. Mulai dari jasa pembuatan website, design feed instagram, hingga landing page.

2. Perbedaan Bisnis Online vs Bisnis Offline dari Modal

Untuk memulai bisnis offline Anda membutuhkan modal yang tidak sedikit, mulai dari biaya sewa tempat, peralatan, dan perlengkapan hingga membayar biaya sumber daya manusia.

Sedangkan dengan memilih bisnis online, Anda tetap bisa memulai bisnis walaupun memiliki modal yang terbatas.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anda Perlu Memiliki Website

Namun jika Anda memiliki modal yang cukup, Anda dapat memanfaatkan sarana promosi untuk memasarkan produk Anda, seperti iklan di marketplace, shopping mall online atau iklan di media sosial.

3. Jangkauan Pasar

Bisnis offline memiliki keterbatasan dari segi geografi, tidak semua orang mau datang dan membeli ke toko offline karena keterbatasan jarak dan waktu.

Untuk menjawab permasalahan geografis tersebut, Anda dapat memiliki bisnis online dengan pangsa pasar yang sangat besar.

Baca juga: Strategi Bisnis untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

Dengan memasarkan produk Anda secara online, pelanggan Anda bisa datang dari mana saja di Indonesia hingga luar negeri.

Mana yang Lebih Menguntungkan

Jika dilihat dari segi jangkauan dan kemudahan transaksi, bisnis online jauh lebih unggul dari bisnis tipe offline. Sayangnya sedikit sulit untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan diawal.

Sedangkan jika Anda memilih toko offline, Anda bisa dengan sangat mudah untuk meyakinkan pelanggan karena mereka dapat melihat tempat jualan Anda secara langsung.

Baca juga: Manfaat Social Media Marketing untuk Bisnis Online

Jika Anda punya modal yang cukup, Anda bisa jalankan keduanya. Jika modal Anda terbatas, promosikanlah secara online. Anda bisa promosi dan jualan secara gratis dengan Internet.

Caranya juga beragam, bisa dengan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan sebagainya. Anda juga bisa manfaatkan ecommerce seperti Tokopedia, Shopee, dan sebagainya.

Penutup

Itulah dia beberapa perbedaan antara bisnis online vs bisnis offline. Semoga bermanfaat dan jika Anda butuh bantuan marketing di dunia online, Anda bisa melihat layanan yang kami sediakan.

Tinggalkan Balasan