Apa itu Konten Evergreen: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Apa itu Konten Evergreen – Untuk bisa meningkatkan traffic pada website, ada ragam cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan menggunakan konten yang evergreen.

Apa itu Konten Evergreen

Untuk membuat konten evergreen memang tidak mudah, tapi efeknya sangat baik pada perkembangan website. Butuh strategi yang tepat agar website bisa berada di halaman pertama google.

Baca juga: Tips Mempromosikan Website Bisnis dengan Mudah

Tapi apa sih sebenarnya konten evergreen itu? Berikut ini kami bahas pengertian dan juga fungsinya bagi perkembangan website Anda.

Apa itu Konten Evergreen?

Konten evergreen adalah sebuah konten yang dapat bertahan lama dan tidak akan ketinggalan zaman. Dalam artian konten ini dapat bertahan bertahun-tahun tanpa perubahan.

Satu Konten yang bersifat evergreen bisa mendatangkan traffic yang stabil setiap harinya. Namun untuk mendatangkan traffic ke konten ini cukup sulit, terlebih jika persaingannya ketat.

Tidak seperti konten berita, viral, dan sebagainya yang setiap harinya berubah dan masanya hanya beberapa hari saja. Namun, konten ini sangat mudah mendatangkan traffic.

Baca juga: Theme WordPress Berita Terbaik Buatan Anak Negeri

Sayangnya traffic yang didapat dari konten berita hanya bersifat sementara. Jika beritanya sudah “Basi” maka trafficnya juga hilang.

Perbedaan Evergreen Topics dan Evergreen Content

Evergreen sendiri bisa dibedakan menjadi 2 bagian yaitu evergreen topics dan juga evergreen content. Berikut ini perbedaan dari keduanya:

Evergreen Topics

Sesuai dengan namanya, topik. Evergreen jenis ini adalah kumpulan topik-topik dengan minat dan jumah volume pencarian yang tinggi dan konsisten dari waktu ke waktu.

Contoh evergreen topic seperti cara menurunkan berat badan, cara membuat opor ayam, dan lain sebagainya.

Evergreen Content

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, evergreen adalah jenis content yang selalu dicari orang.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anda Perlu Memiliki Website

Contohnya seperti cara mudah menurunkan berat badan, cara membuat opor yang enak, dll.

Cara Membuat Konten Evergreen

Setelah Anda mengetahui apa itu evergreen content, sekarang masuk kebagian bagaimana cara untuk membuat konten evergreen.

Sudah dijelaskan bahwa evergreen merupakan konten yang dapat bertahan lama dan akan selalu relevan. Maka dari itu, untuk membuatnya juga butuh strategi yang tepat.

Berikut ini bagaimana cara membuatnya:

Melakukan Riset Keyword atau Kata Kunci

Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat ingin membuat konten evergreen adalah menemukan keyword atau kata kunci yang tepat.

Ada 3 jenis keywords yang bisa Anda pilih seperti short tail, mid tail, dan juga long tail keyword. Perbedaannya hanya pada jumlah kata kuncinya.

Baca juga: Tips untuk Merawat Website agar Tetap Lancar dan Aman

Short-tail keywords= Hanya mengandung 1-2 kata kunci, Namun sangat sulit untuk di ranking.

Mid-tail keywords= Mengandung 2-3 kata kunci, cukup mudah untuk di ranking.

Long-tail keywords= Mengandung kata yang lebih panjang dari Mid-tail dan mudah untuk di ranking karena targetnya lebih spesifik.

Anda bisa menggunakan tools untuk mencari keywords, beberapa tools yang bisa Anda gunakan seperti google keyword planner, ubersuggest, dan keyword finder lainnya.

Optimasi SEO

Selain memilih keyword yang tepat, berikutnya adalah melakukan optimasi SEO. Anda harus meletakan keyword pada judul, link, dalam konten, dan deskripsi dari konten Anda.

Anda juga harus menggunakan tag heading pada point-point didalam artikel. Selain itu, penggunaan internal link dan juga alt text pada gambar merupakan salah satu teknik SEO.

Buat Artikel yang Diperlukan

Pengertiannya sangat luas ya, bahkan sampai proses pembuatan kontennya pun butuk trik. Apakah Anda berpikiran seperti itu? Tapi faktanya memang benar.

Salah satu trik yang wajib Anda kuasai adalah bagaimana sih cara untuk membuat artikel yang banyak dicari dan memang diperlukan oleh pembaca.

Anda harus bisa mengetahui konten seperti apa yang dibutuhkan mereka, jadi buat kontennya untuk manusia, bukan untuk mesin google.

Penutup

Itulah dia pengertian apa itu konten evergreen dan bagaimana cara untuk membuatnya. Semoga dapat bermanfaat dan silahkan share apabila ini memberikan manfaat.

Tinggalkan Balasan